Tentang Wahyudin Tamrin

Wahyudin Tamrin - www.wahyudintamrin.com

Nama saya Wahyudin Tamrin. Sebenarnya di KTP hanya Wahyudin. Tamrin adalah nama almarhum bapak. Saya gunakan sebagai pelengkap agar selalu mengingatnya.

Saya lahir di Kampung Bonti, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, pada 30 April 1997. Sejak kecil pindah ke Maros dan memulai pendidikan dasar. Saat naik kelas 3 SD, merantau ke Lindu, Sulawesi Tengah. Di Lindu saya menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah pertama.

Kemudian pindah ke Kota Palu untuk lanjut pendidikan menengah atas. Setelah lulus, lanjut kuliah di Kota Makassar.

Saya menempuh pendidikan dasar di dua sekolah: MIS DDI Sakeang dan MIS Al Khairaat Kanawu. Kemudian SMPN Satu Atap Maradindo. Lalu SMK BK Palu. Terakhir S1 Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Makassar (UNM). Kalau S2 belum.

Setelah lulus, sempat bekerja sebagai guru honorer di SMKN 2 Pangkep selama dua semester dan SMKN 2 Maros selama satu semester lebih. Kemudian beralih bekerja sebagai jurnalis di Tribun Timur mulai Februari 2022.

Sebenarnya latar belakang pendidikan saya adalah keguruan di bidang Teknik Otomotif. Setelah lulus, saya sempat mengaplikasikannya dengan mengajar Teknik Kendaraan Ringan di dua SMK Negeri.

Saat kuliah, saya tidak hanya belajar di ruang kelas. Tapi juga aktif di Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi UNM. Di lembaga ini saya mulai tertarik menulis.

Awalnya belajar teori menulis berita saat Diklat Jurnalitik Mahasiswa Tingkat Dasar (DJMTD) yang digelar LPM Profesi UNM pada tahun 2016. Lalu belajar mengaplikasikannya di lapangan lewat liputan di lingkup kampus.

Kemudian lanjut mengikuti Diklat Jurnalitik Mahasiswa Tingkat Menengah (DJMTM) yang juga dilaksanakan LPM Profesi UNM pada tahun 2017. Terakhir, di tahun yang sama, saya juga mengikuti Pelatihan Keterampilan Jurnalitik Tingkat Lanjut Nasional (PKJTLN) di Padang, Sumatera Barat. Penyelenggaranya adalah UKM Surat Kabar Kampus (SKK) Ganto Universitas Negeri Padang (UNP).

Untuk terus mengasah kemampuan menulis, saya membuat blog ini pada tahun 2018. Karena menulis bukanlah semata soal bakat. Tapi aktivitas yang harus dilakukan secara terus menerus. Di blog ini saya bebas menulis apa saja. Kebanyakan tentang pengalaman pribadi. Karena dengan menuliskannya, saya tidak akan lupa. Suatu saat nanti, pengalaman yang biasa saja hari ini, akan menjadi kenangan indah di kemudian hari.

Demikian sedikit perkenalan tentang saya. Jika ada pertanyaan atau yang ingin diketahui lebih lanjut, boleh kontak ke email wahyudintamrin@gmail.com.

Tanda Tangan Wahyudin Tamrin