Cara Menentukan Berita By Desain Bagi Pers Mahasiswa

PERS mahasiswa merupakan sebuah lembaga pers yang berada di lingkup kampus. Sebagai jurnalis yang kebanyakan memberitakan terkait masalah di kampus, tetapi tidak jarang juga memberitakan kebijakan pemerintah.

Berita by desain merupakan jenis berita yang telah direncanakan sebelumnya. Jadi, terkait gambaran liputan ataupun berita telah dikaji sebelum melakukan proses peliputan.

Jurnalis Tribun Timur, Muhammad Ilham Arsyam menjelaskan kepada pengelola dan magang Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM) terkait cara menentukan berita by desain di Redaksi LPM Profesi, Jalan Mallengkeri Luar No 25, Makassar, Minggu 26 Januari 2019.

Menurutnya, berita yang paling menarik untuk diangkat adalah tentang orang. Karena pembaca berita adalah orang. Dalam lingkup kampus, pembagian liputan orang di dalam kampus dibagi menjadi empat yakni, birokrasi, dosen, mahasiswa, dan pegawai.

Dalam pemberitaan, kelompok yang paling banyak diberitakan seharusnya adalah mahasiswa. Karena populasi mahasiswa merupakan yang terbanyak di kampus dibanding birokrasi, dosen, dan pegawai.

"Yah sekitar 80 persen lah kalau mahasiswa, 5 persen birokrasi, 10 persen dosen, dan 5 persen pegawai," katanya.

Dalam diri mahasiswa, ada empat poin penting yang bisa dijadikan liputan. Mulai dari prestasi mahasiswa, keluhannya, human interest, dan mahasiswa yang menginspirasi.

Kemudian jika dosen, Kata dia, jurnalis kampus bisa mengangkat berita terkait sistem mengajar dosen, hasil penelitiannya, serta bimbingan dosen terhadap mahasiswanya.

Sementara untuk birokrasi, jurnalis bisa meliput terkait kebijakan baru ataupun berbagai masalah kampus lainnya.

Selain liputan tentang orang, untuk berita by desain juga bisa direncanakan dengan berbagai momentum. Ia mencontohkan seperti peringatan hari ibu, hari pahlawan, hari pendidikan, bahkan pemilihan presiden sekalipun.

"Banyak hal yang bisa didesain," tutupnya.(*)

signature
Next Post Previous Post