Menelusuri Jejak Raja-Raja Pagaruyung di Istano Basa Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung jadi tempat wisata menarik di Sumatera Barat. Di sinilah kediaman sekaligus pusat pemerintahan raja-raja Pagaruyung di masa lalu.

SETELAH mengikuti pelatihan jurnalistik di Kota Sawahlunto selama empat hari, kami -para pers mahasiswa dari berbagai daerah- kembali ke Padang. Kami yang dari Makassar, Medan, dan Palembang menginap di sekretariat SKK Ganto di dalam kampus Universitas Negeri Padang (UNP).

Malam harinya, kami menyusun rencana lokasi wisata di Sumatera Barat yang menarik dikunjungi esok pagi. Ada beberapa opsi yang ditawarkan oleh teman-teman di UNP, salah satunya adalah Istano Basa Pagaruyung.

Dari kampus UNP, tempat kami menginap, lokasi tersebut berjarak sekitar 98 kilometer. Cukup jauh sih. Tapi karena katanya itu menarik, unik, dan kaya akan sejarah kerajaan di masa lampau, kami pun memutuskan untuk Istano Basa Pagaruyung sebagai tempat untuk dikunjungi.

Kami bersepuluh. Enam dari Makassar, dua Palembang, satu Medan, dan satu lagi tuan rumah: Padang. Kami rental mobil. Ngumpul uang masing-masing Rp 50 ribu. Itu sudah cukup dengan membeli bensin pulang pergi. Untuk makan dalam perjalanan, bayar sendiri-sendiri atau BSS.

"Kita rental mobil. Ada yang bisa mengemudi?" tanya seorang teman.

Sebenarnya, diantara kami, ada mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif: saya dan Masturi. Di kampus, di UNM, kami mempelajari seputar perbaikan dan perawatan kendaraan. Sayang sekali, diantara kami berdua tidak ada yang bisa mengemudi. Karena memang di kampus tidak ada mata pelajaran mengemudi. Haha.

"Kalau perbaiki mobil bisa. Kalau mengemudi bisa juga: bisa buat jalan baru. Haha," kataku tertawa. Saya dengan Masturi belum bisa mengemudi apalagi di jalan poros yang ramai kendaraan.

"Saya dengan Said bisa," kata Fatur, salah satu diantara kami. Fatur dan Said adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin. Jurusan mereka bukan otomotif tapi jago mengemudi. Fatur mahasiswa Hukum, sementara Said mahasiswa Matematika.

Jadilah kami berangkat pagi hari. Dalam perjalanan, kami sangat menikmati pemandangan 'Kota Tercinta' itu. Banyak bukit dan gunung yang dilalui. Bahkan sempat dapat macet cukup lama karena ada jalanan yang longsor.

Selain, pemandangan yang memanjakan mata, kuliner yang kental rempah juga tak kalah nikmat meresap di lidah. Beberapa kali kami singgah di warung makan saat pergi dan pulang.

Lokasi Istano Basa Pagaruyung

Istana ini berlokasi di Jalan Sutan Alam Bagagarsyah, Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Saya lupa berapa jam waktu yang kami habiskan dalam perjalanan dari Kampus UNP di Kota Padang. Yang jelas kami tiba setelah waktu Ashar.

Lelah dalam perjalanan terbayarkan dengan pemandangan istana kerajaan yang berdiri pada tahun 1347 ini.

Saat tiba, tempat ini sudah ramai pengunjung. Kami masuk lewat pintu gerbang. Menaiki beberapa tangga sebelum tiba di depan istana.

Di depan istana kami disambut sepasang badut uda dan uni Minang. Mereka berjoget menyambut wisatawan. Salamaik datang.

Sejarah Istano Basa Pagaruyung

Melansir dari laman kemdikbud.go.id, Istano Basa Pagaruyung dulunya adalah kediaman dari Raja Alam. Tempat ini juga sekaligus sebagai pusat pemerintah dari sistem konfederasi yang dipimpin oleh triumvirat atau tiga pemimpin dengan julukan 'Rajo Tigo Selo'

Adapun sistem kepemimpinan kerajaan yakni dibantu dengan dua orang wakil. Keduanya adalah raja adat yang berkedudukan di Buo dan raja ibadat yang berkedudukan di Sumpur Kudus. Kedua wakil ini memutuskan berbagai perkara yang berkaitan dengan permasalahan adat serta agama.

Tetapi, jika suatu permasalahan tidak terselesaikan maka barulah Raja Pagaruyung atau Raja Alam turun tangan menyelesaikannya.

Bangunan asli dari istana ini awalnya berlokasi di Bukit Batu Patah. Setelah insiden tahun 1804 istana ini didirikan kembali, tetapi terbakar habis pada tahun 1966.

Pada 27 Desember 1976 upaya rekonstruksi ulang kembali dilakukan dengan ditandai peletakan tunggak tuo atau tiang utama oleh Gubernur Sumatera Barat saat itu Harun Zain. Istana ini dibangun kembali di lokasinya yang baru di sisi selatan bangunan asli, yaitu lokasi saat ini.

Keunikan Istano Basa Pagaruyung

Istana ini memiliki ciri khas khusus yang berbeda dari rumah gadang lainnya. Saya melihatnya justru lebih mirip dengan rumah adat Tongkonan Toraja di Sulawesi Selatan. Khususnya pada bagian atap yang gonjong seperti tanduk.

Kemiripan lainnya dengan rumah adat Toraja adalah identik dengan kerbau. Di bagian depan agak ke samping sisi kiri istana ini, juga terdapat patung kerbau besar. Dua teman saya dari Palembang turut mengabadikan diri dengan kamera di patung kerbau itu. Mereka berpose mesra.

Bangunan Istano Basa Pagaruyung bak rumah panggung. Ukurannya cukup besar. Dindingnya dihiasi ornamen ukiran berwarna-warni. Sangat memanjakan mata.

Istana ini berlantai 3. Terdiri dari 72 tonggak dan 11 gonjong atap yang terbuat dari ijuk. Saat hendak memasuki istana ini, terlebih dulu kami menaiki anak tangga. Sandal dilepas. Ada petugas yang menyimpannya dalam kantong kresek.

Dalam istana ini tampak megah. Terdapat banyak keramik, senjata tradisional, tongkat, nisan dan benda lainnya.

Sayang sekali dari 3 kamera yang kami bawa, tak satupun dokumentasi di dalam istana ini tersimpan.

Menunggu Senja Berlalu

Istana ini tutup menjelang magrib. Pengunjungnya sudah pada pulang. Namun kami masih tetap tinggal di sekitarnya. Menikmati suasana waktu yang siap berganti dari terang menjadi gelap. Kami cukup menikmati senja datang lalu berlalu.

Tidak seperti di pantai. Kami tidak melihat senja di istana ini. Di belakang istana merupakan bukit.

Namun cahaya lampu berwarna orange bak suasana di langit pantai saat senja. Hal ini kami abadikan. Lalu pulang setelah magrib.

Gambar Istano Basa Pagaruyung

Berikut beberapa gambar yang sempat kami abadikan di Istano Basa Pagaruyung ini. Sebenarnya ada seratusan foto dari tiga kamera. Tapi saya upload beberapa saja.

Sayang sekali, suasana di dalam istana ini tidak tersimpan dalam kamera satupun. Padahal di dalam juga banyak benda pusaka yang menarik.

Penutup

Demikian cerita perjalanan di Istano Basa Pagaruyung. Bagaimana ceritanya? menarik kan. Saya sarankan jika jalan-jalan ke Sumatera Barat, bolehlah sempatkan mengunjungi tempat ini.

Selain Istano Basa Pagaruyung, masih banyak lagi tempat wisata di Sumatera Barat yang kaya akan sejarah di masa lampau. Sebagian sudah saya tulis di artikel lainnya.

Terimakasih sudah membaca sampai selesai. Silakan tinggalkan jejak di kolom komentar agar kita bisa saling kenal.

Salam,

signature
Next Post Previous Post
17 Comments
  • fanny_dcatqueen
    fanny_dcatqueen 30 Mei 2023 pukul 16.03

Pernah ke sini, pas outing kantor, dan memang baguuus . Sejarahnya juga menarik, diceritain oleh tur guide kami waktu itu. Walopun jujur aja aku agak lupa cerita detilnya 😁. Udh lama sih kesananya.

Selalu bangga kalo visit rumah2 tradisional Indonesia begini. Apalagi kalo masih terawat . Dan pengennya selalu ada guide yg bisa menceritakan sejarah dari rumah/istana itu. At least kalo ada turis asing,, mereka jadi paham juga sejarah bangunan tradisional Indonesia yg beragam

Wahyudin Tamrin 30 Mei 2023 pukul 21.21

Wahh pasti akan menarik kalau kak Fanny yang mengulas ceritanya secara detail di blog kk. hehehe. Iya sih, paling seru belajar sejarah Indonesia langsung ke tempatnya. Apalagi guide yang paham sejarah menjelaskan. Seperti turut membawa kita ke masa lampau.

• dunia kecil indi
    dunia kecil indi 24 Februari 2024 pukul 04.01

Wah, gak ada dokumentasi itu karena gak sempat foto atau ada larangan mengambil foto ya? Menarik sekali pengalamannya :)

Wahyudin Tamrin 24 Februari 2024 pukul 07.49

Sebenarnya di sini bebas mengambil gambar apa saja dan dimana saja. Tidak ada larangan.

Cuman mungkin memory kamera sudah penuh waktu itu, jadi foto bagian dalam istana ini tidak tersimpan.

• Mbul Kecil
    Mbul Kecil 24 Februari 2024 pukul 10.33

Aku dah pernah ke sini...jadi keinget keindahan tempatnya...waktu itu kami ke sana sore hari setelah seharian jelajah bukittinggi...Rumah Bung Hatta, Ngarai Sianok, Goa Jepang, Lembah Harau dan terakhiran ke sini. Aku sempat didandani juga pakai baju adat minang dengan suntiang yang berat tapi cantik...ah kalau ingat padang aku selalu amazed aja bawaannya...terlebih kulinerannya juga enak...aku suka lemangnya kalau ingat Padang dan Bukittinggi ini 😊

Wahyudin Tamrin 24 Februari 2024 pukul 18.36

Sama saya juga di Istana ini mulai sore sampai malam. Jadi bisa menikmati suasananya yang ramai pengunjung, dengan suasana magrib hingga malam. Suasananya tetap indah di malam hari. Lampu2nya kuning agak oranye seperti suasana senja.

Dulu rencana kami juga mau ke jalan2 ke rumah Bung Hatta, tapi karena kelamaan di sini jadi tidak sempat hehe.

Kalau di Lobang Jepang sama Jam Gadang, sehari sebelumnya sempat juga menjelajahi. Karena tempatnya tidak terlalu berjauhan.

Hehe jadi rindu lagi ke Padang. Banyak wisata bersejarah menarik di sana.

• MRENEYOO
    MRENEYOO 29 Februari 2024 pukul 23.00

Istana Basa Pagaruyung ini memang sangat terkenal ya, banyak pengunjung yang datang ke sini untuk mencari tau sejarahnya atau sekedar menikmati keindahan istana ini sambil berfoto dan memakai baju khasnya, bangunannya juga unik berciri khas bagian atap yang mirip tanduk kerbau.

Wahyudin Tamrin 1 Maret 2024 pukul 10.14

Hehehe iya, ini menjadi salah satu rekomendasi wisata dari teman-teman di Padang. Jadi kami kunjungi. Kalau atapnya, agak mirip sih dengan rumah ada Toraja di Sulawesi Selatan. Hehe.

• F0
    F0 3 Maret 2024 pukul 16.23

Ini pernh terbakar ya dulu?

Wahyudin Tamrin 3 Maret 2024 pukul 21.11

Wah kalau ini saya kurang tahu. Waktu ke sini, tidak ada tanda-tanda sudah terbakar. Mungkin sudah diperbaiki. Atau mungkin terbakar sesudah saya dari sini.

• Fiburi Nekozuki
    Fiburi Nekozuki 12 Maret 2024 pukul 18.14

Suka banget kalau ada istana dan rumah tradisional begini. Apalagi bisa ada cerita sejarahnya. Moga2 suatu hari bisa mampir. 😃Btw saya baca artikel ini dalam kondisi puasa langsung halu terbacanya "istana baso". 😆 Salam

Wahyudin Tamrin 12 Maret 2024 pukul 19.11

Hehe iya, terimakasih sudah mampir.

Cerita lain bisa dicek ditulisan lain. Beberapa sudah saya share. Beberapa lagi saya masih pikir2. Hehe.

• Risky Badru
    Risky Badru 13 Maret 2024 pukul 01.32

salam kenal mas.... semoga kapan kapan bisa berkunjung ke sana

Wahyudin Tamrin 13 Maret 2024 pukul 04.26

Iya mas. Salam kenal jg.

Jangan lupa tulis artikel terbaru ttg istana ini kalau ke sana. Mungkin ada perubahan lagi. Hehe

• Keza Felice
    Keza Felice 29 Maret 2024 pukul 13.29

Tempat bersejarah yang masih terawat. Aku pikir istananya mirip di film² ternyata justru perpaduan dg rumah adat. Tapi cantik dan rapi. Ada patung kerbau yg menyambut. Khas banget daerah setempat ya kak.
    Aku sih belum pernah ke sana, tapi beberapa kali baca tentang Istana Basa Pagaruyung ini.

Seru banget diliat daru foto-fotonya. Gak cuma berkunjung dan mengabadikan momen tp jadi tau sejarahnya juga ya.

Wahyudin Tamrin 29 Maret 2024 pukul 18.06

Iya kak, istananya besar dan lebih mirip rumah adat. Mengunjungi langsung tempat bersejarah jadi cara terbaik untuk belajar. Bisa mengalami langsung apalagi dipandu sama guide. Ceritanya lebih bisa dipahami.

Dan tidak afdhol rasanya kalau tidak mengabadikan momen di sana dengan foto.

Semoga kamu bisa mengunjunginya langsung juga yah.

• Rezky Pratama
    Rezky Pratama 16 April 2024 pukul 22.49

jadi kepengen tau sumatera utara